Sinopsis Chhapaak (2020) Lengkap

Diposting pada

Plot of Chhapaak

Film Chhapaak merupakan film yang diangkat dari kisah nyata. Seorang reporter Alka Bertemu Amol (Vikrant Massey) pencipta yayasan untuk para survivor serangan asam, memberi tahu dia mengenai wanita bernama Malti (Deepika Padukone) seorang survivor yang berjuang terhadap larangan penjualan asam. Malti mencari pekerjaan dan Amool memperkerjakan dia di organisasi.

2005, Malti diserang air keras di jlana pasar di New Delhi. Polisi menyelidiki ini, berdasarkan kesaksian Malti dan kekasihnya Rajesh (Ankit Bisht), mereka mencurigai Basheer Khan (Vishal Dahiya) teman keluarga Malti dan saudara perempuan istrinya yaitu Parveen Shaikh.

Polisi menangkap Basheer usai melakukan triangulasi sinyal handphone di area sama dengan serangan tersebut, sementara Malti menjalani operasi untuk dapat merekonstruksi wajah yang telah rusak. Orang tua Malti bekerja pembantu rumah tangga di keluarga Shiraz (Payal Nair), dia membantu finansial untuk perawatan Malti dan memperkerjakan Archana Bajaj menjadi pengacara Malti.

Archana mencatat serangan asam dan juga membakar seseorang dengan air panas berada di bawah bagian sama dari KUHP India, alhasil hukumannya sama. Dalam dengar pendapat, jelas Basheer dan Parveen bersalah, sebab kisah Malti dikuatkan para saksi dan Parveen mempunyai jari-jari yang terbakar karena membakar asam.

Karena hukum tidak memperlakukan serangan asam kejahatan serius, Basheer membuat jamian melanjutkan hidupnya. Malti mengakui perlunya untuk perubahan UU dan peraturan mengenai penjualan asam, dan dia serta Archana menyiapkan petisi. Sementara saudara Malti yaitu Rohit didiagnosis menderita tuberkulosis usus.

2009, pengadilan menjatuhkan hukuman 10 tahu terhadap Basheer dan Parveen 7 tahun namun mereka mengajukan banding. Malti mengumpulkan dana perawatan dan tindakan hukum terhadap para survivor serangan asam lain. Dia berhasil mengamandemen KUHP.

Tahun 2013, serangan asam lain di Mumbai mengklaim kehidupan Pinky, yang mengakibatkan kemarahan publik dan juga peraturan mengenai penjualana asam. Malti menjadi penderita serangan asam mengembangkan perasaan terhadap Amol. Terungkap Basheer merencanakan serangan asam terhadap Malti sebab cemburu, dan melakukannya melalui bantuan dari Parveen.

Di bulan Oktober 2013, Pengadilan tinggi menolak banding dari Basheer. Film ini berakhir dimana di bulan Desember 2013, dan menyesalkan walaupun ada peraturan baru dan juga paparan media frekuensi serangan asam ini tidaklah berkurang, sementara bahan ini masih dibeli dan juga dijula secara bebas di negara tersebut.

Tinggalkan Balasan