Sinopsis Film Northern Limit Line (2015) Lengkap

Diposting pada

Kopral Bernama Park Do-hyuk (Lee Hyun-woo) merupakan seorang pelaut yang baru terdaftar di Angkatan Laut Korea yang ditugaskan menuju kapal patroli PKM 357. Di tengah piala dunia 2002 sedang berlangsung di Korea Selatan, negara Korea Utara menyebarkan pukat ikat dengan mata-mata untuk dapat menyeberangi Northern Limite Line.

Kapal PKM 357 menangkap kapal pukat dan pasukannya, yang memungkinkan untuk mata-mata membiasakan diri terhadap super struktur kapal tersebut. Korea Utara pada akhirnya dibebaskan atas perintah dari komando tinggi Korea Selatan, sebagai bagian kebijakan pemerintah.

Selama bulan mendatang, Angkatan Laut dari Korea Utara berulang kali memasuki perairan Selatan untuk dapat meninjau kembali dan juga mensurvei taktik patroli dari Angkatan Laut Korea Selatan dan langkah pertahanan.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan diberitahukan mengenai hal ini namun sekali lagi diperintahkan Blue House agar tidak terlibat terlebih dulu. Korea Selatan menerima inteligent bahwa serangan akan segera terjadi, namun tidak mengubah aturan keterlibatan menghadapi ancaman walaupun intervensi terus berulang dari komandan kapal PKM 357, yaitu Letnan Komandan Young Ha (Kim Mu-yeol).

Tepat di tanggal 29 Juni 2002, Pertempuran Yeonpyeong II dimulai dengan serangan mendadak pada kapal PKM 357 oleh kapal Patroli Korea Utara. Pertempuran melumpuhkan kedua kapal sebelum bala bantuan dari Korea Selatan tiba yang memaksa kapal patroli Korea Utara mundur.

Kejadian ini memakan 19 korban dan 4 kematian yang dikonfirmasi sebelum kapal PKM 357 tenggelam dari kebakaran yang tidak bisa terkendali. Penyelam angkatan laut menemukan tubuh juru mudi di kapal yang telah tenggelam.

83 hari selanjutnya Dong Hyuk menyerah terhadap luka-lukanya dan menjadi korban terakhir dari pertempuran tersebut. Film ini berakhir dengan kenangan dari para kru yang selamat dan foto-foto mereka yang telah tewas dalam pertempuran.