Sinopsis Film Twister (1996) Lengkap

Diposting pada

1996 Oklahoma, Jo Thornton muda bersama keluarganya dibangunkan tornado F5. Keluarga ini mencari perlindungan di ruang bawah tanah, namun tornado menghancurkan pintu ruang bawah tanah yang menarik ayah Jo menuju kematiannya.

27 tahun kemudian, National Severe Storms memprediksi tornado di Oklahoma. Jo kini menjadi ali meteorologi dipertemukan kembali dengan suaminya Bill Harding mantan peneliti cuaca dan sesama pengejar badai, yang selanjutnya pindah menjadi repoter cuaca TV, dia berencana menikahi Melissa Reeves.

Recana tertunda sebab Jo belum menandatangani surat cerai yang lama tertunda. Mengunjungi kamp Jo untuk membuat dia menyelesaikan formulir, Bill mendapati dia dan timnya telah membangun 4 perangkat penelitian tornado yagn disebut “Dorothy”.

Sebelum Jo menyelesaikan dokumen, timnya bergegas mencegat tornado F1 terdekat, memaksa Melissa dan Bill mengejarnya. Bill bertemu Dr. Jonas Miller, ahli meteorologi yang didanai perusahaan dan juga pemburu badai saingan lama, dan memahami bahwa dia menciptakan perangkat disebut DOT-3, salinan Dorothy.

Bill bersumpah membantu Jo memanfaatkan Dorothy sebelum Jonas bisa memanfaatkan DOT-3. Dalam usaha mengerahkan DOROTHY dan kembali menuju kehidupan biasa, Bill melakukan manuver menuju parit berlupur ke tornado yang berkembang.

Mereka bertabrakan dengan jembatan kayu dan mendapati diri mereka terjebak di jalur dari tornado yang akan datang. Mereka berlindung, truck Jo dan DOROTHY diangkat dan dihancurkan tornado. Usai tornado 2 datang telah berlalu, kini tornado F3 terbentuk.

Saat tim berupaya mencegah F3, tornado awalnya gagal muncul. Mereka melakukan usaha lain mengerahkan unit DOROTHY, namun tornado terbentuk di atas mereka, merusak truck dan menghancurkan DOROTHY II.

Terkejut dengan peristiwa ini dan merasa bersalah terhadap kematian ayahnya, Jo merasa putus asa. Emosi mereka tinggi, Bill memberi tahu Jo, dia masih mencintainya, tidak menyadari Melissa sedang mendengarkan percakapan melalui radio CB.

Jo memutuskan mengisi surat cerai tersisa namun terganggu saat tornado F4, memaksa timnya dan warga kota terjebak dalma badai. Melisa mengakhiri hubungannya dengan Bill dan membuat perjalanan pulang. Tornado menghancurkan rumah walikota, melukai Bibi Meg dan meratakan rumahnya.

Bibi Meg dibawa menuju rumah sakit namun mendorong Jo tidak menyerah, mengingatkannya pada Wakita yang pada dasaranya dihantam tornado sebab tidak ada peringatan, sirene tornado belum pernah pergi.

Tim mendengar tornado F5 terbentuk dekat. Ketika matahari terbit, tim berangkat mencegat tornado F5, yang berkembang menjadi lebih dari satu mil lebarnya. Jo dan Bill meletakkan DOROTHY III namun dihancurkan pohon yang tumbang.

Jonas berusaha menyebarkan DOT-3 dengan cara sama, mengabaikan peringatan Bill bahwa timnya terlalu dekat dan tornado bergeser langsung menuju arah mereka. Menara logam menusuk pengemudi Jonas yaitu Eddi dan kendaraan mereka tersapu dan terlempar, menewaskan 2 pria dan menghancurkan DOT-3 dalam ledakan.

Bill dan Jo bergerak maju menyadari satu-satunya cara untuk berhasil yaitu menyebarkan DOROTHY IV dengan mengemudi langsung ke tornado dan melompat keluar sebelum truck Bill tersebut tersapu. Rencana berhasil dan tim merayakan keberhasilan mereka.

Perayaan mereka dipoton pendek sebab F5 bergeser menuju arah mereka. Mereka kabur menuju ladang jagung terdekat, berlindung di fasilitas air, mengikat diri menuju pipa yang berakar dalam. Tonado melintas, mereka bisa melihat bagian dalam tornado sebelum badang menghilang.

Anggota tim lain tiba di lokasi merayakan pencapaian itu sementara Jo dan Bill penuh semangat merencanakan penelitian selanjutnya, memutuskan menjalankan lab mereka sendiri dan menghidupkan kembali hubungan mereka.