Sinopsis Film Hidden Figures (2016) Lengkap

Diposting pada

1961, Katherine Johnson bekerja sebagai human computer bersama rekannya Mary Jackson dan pengawas tidak resmi mereka Dorothy Vaughan. mereka perempuan Afrika-Amerika, Unit tersebut dipisahkan ras dan jenis kelamin.

Menyusul keberhasilan peluncuran Uni Soviet terhadap Yuri Gagarin, tekanan mengirim astronot AS menuju luar angkasa meningkat. Supervisor bernama Vivian Mithcell menugaskan Katherine membantu Kelompok tugas luar Angkasa AI Harrison, yang diberikan keahlian dia di dalam geometri analitik.

Dia wanita kulit hitam pertama dalam group tersebut. Rekan-rekan baru Katherine meremehkannya terutama head insinyur bernama Paul Stafford. Mary mengidetnfikasi cacata design. Sementara, Mitchell memberi tahu Dorothy bahwa dia tidak dipromosikan, sebab tidak ada rencana menetapkan pengawas permananen bagi kelompok kulit berwarna.

Mary menerima dorongan dari pemimpin tim untuk melamar posisi insinyur NASA. Dia mengajukan application, dia diberitahu Mitchell terlepas dari gelar matematika dan ilmu fisika dia tidak akan menjadi insinyur NASA sebab dia akan perlu untuk mengambil kursus sertification.

Ini ditawarkan Di sekolah Hampton yang serba berkulit putih, sehingga walaupun ada tantangan dari suaminya, Mary memutuskan mengajukan petisi izin hadir. Katherine bertemu Pengawal Nasional Afrika-Amerika yaitu Letnan Kolonel Jim Johnson, namun dia kecewa saat dia menyuarakan skeptisme mengenai kemampuan matematika wanita.

Dia meminta maaf, dan menghabiskan waktu bersama Katherine dan ketiga putrinya. Harrison mengundang bawahannya memecahkan persamaan matematika yang rumit, Katherine mengembangkan solusi, membuat dia terkesan.

Para astronot Mercury 7 mengunjungi Langley dan juga astronot bernama John Gleen berusaha keras menjadi komputer wanita Area Barat. Harrison marah saat mengetahui Katherine dipaksa berjalan setengah mil menuju gedung lain memanfaatkan kamar mandi orang kulit berwarna.

Harrison menghapuskan pemisahan kamar mandi. Harrison mengizinkan Katherine dimasukkan dalam pertemuan mereka, dimana dia memikirkan menghitung pemasukan kembali capsul ruang angkasa. Stafford meminta Katherine menghapus namanya dari laporan, bersikeras komputer tidak bisa membuatnya.

Mereka dikreditkan hanya bagi Stafford, sementara Mary memohon kasusnya di pengadilan dan juga menang terhadap hakim setempat dengan memohon rasa history-nya dan berada disisi kanannya, walaupun dia membatasi kelas malam di sekolah terpisah.

Dorothy mempelajari mengenai pemasangan akan datang dari komputer elektronik yaitu IBM 7090 yang mengancam akan menggantikan human computer. Dia mengunjungi ruang komputer mempelajarinya, dan menghidupkan mesin.

Dia mengunjungi perpustakaan umum, pustakawan menegurnya sebab mengunjungi bagian kulit putih saja, guna meminjam buku yang mengenai Fortran. Dia mencuri buku tersebut mempelajari memprogram dan melatih rekan kerja Area Barat.

NASA mengetahui keterampilan barunya, dia dipromosikan mengawasi Departement Pemorgraman, dia hanya menerima syarat bahwa 30 rekan kerjanya juga dipindahkan. Mitchell pada akhirnya memanggil “Mrs. Vaughan” daripada “Dorothy”.

Pengaturan terakhir untuk peluncuran John Gleen dibuat, Katherine dipindahkan menuju kembali menuju komputer area Barat. Harrison menjelaskan padanya penurunan pangkat berada di luar kendalinya dan juga mereka tidak lagi membutuhkan komputer di departement mereka.

Hari peluncuran, perbedaan ditemukan dalam perhitungan IBM 7090 terhadap koordinat pendaratan capsul. Glenn meminta Katherine dipanggil memeriksanya. Dia cepat melakukannya, hanya untuk membanting pintu di wajahnya usai memberikan hasilnya menuju ruang control. Harrison memberinya izin keamanan.

Peluncuran dan Orbit berhasil, peringatan menunjukkan pelindung panas capsul mungin longgar. Pengendali misi memutuskan mendaratkannya usai 3 orbit bukannya tujuh dan Harrison menyarankan agar mereka meninggalkan roket retro yang menempel terhadap perisai panas untuk membantu mempertahankan dirinya di tempat.

The Friendship 7 yang berhasil mendarat. Mengikuti Mission, para matematikawan diberhentikan dan pada akhirnya digantikan komputer elektronik.

Katherine dipindahkan menuju Divisi Analisis dan Komputasi, Dorothy terus mengawasi Departement Pemorgraman, dan Mary memperoleh gelar tekniknya dan juga memperoleh pekerjaan di NASA menjadi Insinyur. Stafford membawakan kpi bagi Katherine dan juga menerima namanya sebagai rekan penulis laporan.

Epilog film mengungkapkan Katherine selanjutnya menghitung lintasan untuk mission Apollo 11 dan Space Shuttle. 2015, dia dianugerahi dengan Presidential Medal of Freedom, Nasa kemudian mendedikasikan Gedung komputasi Pusat penelitian Langley terhadap katherine untuk menghormati dia.