Sinopsis Paan Singh Tomar (2012) Lengkap

Diposting pada

Wartawan mewawancarai Paan Singh Tomar (Irrfan Khan) perampok yang menjadi berita sebab membunuh 9 orang dar suatu community. Menjawab pertanyaan mengenai dirinya sendiri, kisah tersebut flash back dari tahun 1950.

Paan Singh bekerja di Angkatan darat sementara Ibu dan istrinya tinggal di Morean. Paan Singh mengejutkan seniornya di Angkatan Darat dengan keterampilan atletik. Walaupun dia tidak tertarik terhadap olahraga, dia bergabung bersama divisi olahraga.

Dipilih latihan lomba 5 ribu meter, dia dibujuk berlari untuk pacuan kuda 3000 M oleh pelatih. Dia berpartisipasi pertandingan Nasional India memenangkan medali emas 7 tahun berturut-turut.

Di tahun 1958, dia berpartisipasi dalam Asian Games di Tokyo, namun tidak mampu menang sebab ketidakmampuannya untuk menyesuaikan diri terhadap lintasan trek yang hanya diberikan terhadapnya di acara final.

Dia merasa frustrasi sebab dia tidak diizinkan pergi ke perbatasan untuk bertarung dalam perang 1962 dan 1965 sebab olahragawan tidak diizinkan bertarung di dalamnya. 1967, dia berpartisipasi dalam pertandingan militer international dan juga memenangkan medali emas di steeplechase.

Suatu ketika saudara lelakinya datang mengunjungi dia dari desanya dan memberi tahu dia mengenai beberapa harta mereka yang dirampas Bhanwar Singh. Paan Singh memutuskan pensiun dari angkatan darat pergi ke desanya menyelesaikan perselisihan keluarganya walaupun ditawaari posisi sebagai pelatih di militer.

Tiba di rumah, dia berusaha menyelesaikan masalah terhadap Bhanwar Singh. Dia mencari bantuan dari Kolektor Distrik dan Kantor Polisi setempat namun tidak ada bantuan yang datang. Putranya dipukuli dengan buruk oleh Bhanwar Singh dan pasukannya.

Untuk membuatnya aman, Paan Singh memerintahkan putranya bergabung dengan tentara dan memintanya menjauh dari perselisihan. Pada akhirnya Bhanwar Singh dan pasukannya berusaha membunuh Paan Singh dan keluarganya.

Sebagian besar keluarganya kabur namun Ibunya dibunuh secara brutal. Paan Singh memutuskan membalas kematian ibunya dan membentuk kelompok. Paan Singh terjun dalam bisnis pemerasan dan penculikan pengusaha kaya untuk biaya perang mereka.

Dia kemudian mengatur serangan pada Bhanwar yang mempunyai perlindungan polisi. Bhanwar akhirnya terbunuh usai pengejaran. Sebagai pembalasan terhadap kematian saudaranya, Paan Singh membunuh 9 penduduk desa yang menjadi informan polisi dan memberi tahu polisi mengenai persembunyiannya.

Peristiwa ini mengakibatkan kebohongan di negara, administrasi dan di antara geng perampok lain yang mendesaknya menyerah sehinga perburuan polisi akan dibatalkan namun dia menolak.

Hasil wawancara di awal film dipublikasikan di koran yang menimbulkan sensasi. Polisi melanjutkan pencariaan terhadap Paan Singh. Dia bertemu keluarga dan pelatihnya yang memintanya menyerah.

Paan Singh menolak menyerah dan saat geng berkumpul kembali usai absen sebulan, salah satu anggotanya yaitu Gopi mengkhianati geng dengan memimpin polisi menuju tempat persembunyian mereka. Hingga akhirnya para geng tewas termasuk Paan Singh yang dibunuh Yashwant Singh.