Sinopsis Film Dilan 1991 (2019)

Diposting pada

22 Desember 1990, Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) yang telah resmi berpacaran. Iqbaal mengajak geng motornya menuju kediaman Milea pada saat itu orang tua Milea tidak ada di rumah dan Milea bersama dengan guru les Milea yaitu Kang Adi (Refal Hady).

Ini membuat Kang Adi cemburu dan segera pergi. Keesokan harinya, Milea pergi bersama dengan kakaknya menuju kediaman sepupu jauh ayah Milea yang baru pulang dari negara Belgia. Disana, dia bertemu dengan Yugo (Jerome Kurnia).

Malam hari, Milea menerima telepon dari temannya bahwa Dilan sedang berkumpul bersama dengan geng motornya yang nampaknya sedang berusaha untuk melakukan balas dendam setelah sebelumnya Dilan dikeroyok orang tidak dikenal.

Segera Milea meminta Yugo untuk menemaninya malam itu. Dilan terkejut dengan kehadiran Milea. Milea marah kepada Dilan untuk berhenti menjadi geng motor. Dilan mulai cemburu setelah melihat Yugo. Dilan segera pergi bersama teman-temannya dan meminta Milea untuk pergi.

Sejak kejadian itu, Milea mendapatkan kabar jika Dilan berada di kantor polisi atas penyerangan tersebut. Milea mulai merindukan Dilan dan disini Yugo mulai berusaha mendekati Milea. Milea menemani Yugo nonton di Bioskop.

Yugo berusaha untuk mencium Milea yang membuat Milea marah dan menangis. Milea mengadu kepada Ibunya mengenai kejadian ini. Beberapa hari kemudian, Milea mendatangi kantor polisi untuk bertemu Dilan. Milea dan Dilan kemudian berdamai melanjutkan hubungan mereka.

Malam hari, Yugo bersama dengan orang tuanya menemui orang tua Milea untuk meminta maaf atas kejadian yang dilakukan oleh Yugo. Dilan datang, segera Milea menarik Dilan dan menyebutkan kepada mereka bahwa Dilan kekasihnya dan orang yang telah melindunginya selama ini.

Segera Milea dan Dilan izin untuk pergi. Malam itu, Milea pun memberi tahu kepada Dilan mengenai tindakan Yugo saat di bioskop kepadanya. Tahun berikutnya 1991, Dilan dipindahkan dari sekolah. Sehingga Dilan dan Milea berbeda sekolah.

Suatu ketika Milea mendapatkan kabar bahwa Akew telah meninggal disebabkan oleh geng motor Dilan. Dilan datang ke sekolah menemui Milea untuk memastikan bahwa dia tidak terlibat dalam kematian Akew.

Namun Milea marah dan meminta Dilan berhenti menjadi geng motor. Sejak kejadian ini, hubungan Dilan dan Milea mulai berantakan. Dilan berulah kabur dari rumah. Milea ditemani Ibu Dilan menemui Dilan di rumah teman geng motornya.

Mereka berbicara, Ibu Dilan meminta Dilan dan Milea untuk tidak putus. Namun hubungan mereka tidak bisa diperbaiki. Suatu ketika Milea diberitahu oleh temannya bahwa Dilan memiliki pacar.

Ini membuat Milea merasa sakit, namun dia tahu Dilan tidak memiliki pacar, dia hanya ingin menjauh darinya agar Milea menjadi lebih baik. Beberapa tahun kemudian, Milea kini telah menjadi sarjana dan dia disambut dengan kekasihnya Mas Herdi (Andovi da Lopez) yang membawakannya bucket bunga.

Di tahun 1997, Milea menuju tempat kerja Mas Herdi. Di lobby, dia terkejut bertemu dengan Dilan. Namun di saat itu Dilan melihat Milea bersama dengan kekasih barunya. Setelah Dilan pergi, Milea mengetahui bahwa Dilan magang disana. Malam hari, saat acara pesta, Milea meminta izin kepada Mas Hardi untuk pergi. Milea pergi untuk menemui Dilan di tempat magangnya, namun Dilan telah pergi memutuskan kembali ke Bandung.

Milea pergi menuju station berharap dapat bertemu Dilan. Namun Milea tidak bertemu dengan Dilan. Milea menangis dan duduk di kursi mengenang masa-masa saat bersama Dilan.