Sinopsis Film Milea:Suara dari Dilan (2020)

Diposting pada

Milea: Suara dari Dilan merupakan film yang menampilkan sudut pandang dari Dilan. Dilan panglima tempur geng motor. Saat dia nongkrong bersama dengan temannya, dia diberitahu bahwa ada anak baru cantik bernama Milea.

Di saat itu Dilan penasaran namun sebelum itu dia pergi berkencan dengan wanita bersama Susi dengan nonton bioskop bersama dengan teman-temannya. Malam hari, Dilan mulai berpikir untuk mendekati Milea besok dan meminta restu dari ibunya.

Segera esok harinya Dilan mendekati Milea. Kedekatannya dengan Milea, membuat anggota geng motornya menganggap Dilan telah berubah salah satunya Anhar. Saat Dilan berada di kantin Bi Eem, dia diberitahu bahwa Milea pernah ditampar oleh Anhar.

Sehingga hal ini membuat Dilan marah dan pergi memukuli Anhar. Sejak perkelahian ini membuat mereka berdua dikeluarkan. Suatu ketika Dilan berada di kantin Bi Eem, kakak dari Anhar bersama ketiga lainnya memukuli Dilan di kantin dan kemudian pergi.

Dilan pun memutuskan untuk melakukan balas dendam pada Anhar dan kakaknya serta anggota lain. Dilan membawa pistol dimana saat itu teman-temannya untuk berbicara dengan baik-baik sebab Anhar merupakan teman mereka juga. Namun Dilan menolak.

Segera Dilan dikejutkan kehadiran Milea yang sedang bersama dengan Yugo. Milea meminta kepada Dilan untuk tidak membalas dendam dan berhenti menjadi geng motor.

Namun Dilan yang saat itu dalam kondisi panas dan cemburu melihat Milea bersama dengan Yugo, meminta Milea untuk pulang sementara Dilan melanjutkan rencananya melakukan balas dendam. Dilan bersama dengan teman-temannya mencari keberadaan Anhar dan lainnya.

Namun polisi datang, menangkap Dilan dan lainnya. Apalagi ditemukan Dilan membawa pistol sehingga dia ditahan. Beberapa hari kemudian Milea datang menemui Dilan segera hubungan mereka membaik.

Suatu ketika Akew teman dekat Dilan dibunuh oleh geng motor tidak dikenal. Ini membuat Dilan memutuskan pergi menemui Milea untuk pergi bersama-sama ke makam Akew. Namun Milea menolak, menganggap Dilan terlibat dan meminta Dilan untuk berhenti menjadi geng motor.

Milea tetap memutuskan pergi bersama dengan teman-temannya sementara Dilan pergi sendiri. Sejak saat itu hubungan Dilan dan Milea mulai renggang. Malam hari di markas geng motor, Dilan dan bersama dengan yang lainnya mencoba mencari tahu siapa yang telah membunuh Akew.

Polisi datang menemui mereka untuk meminta kesaksian mereka sehingga Dilan dan Burhan serta lainnya menuju kantor polisi untuk diminta keterangan mereka.

Namun di saat itu ayah Dilan datang menampar wajah Dilan, ayahnya meminta kepada polisi untuk menghukum Dilan jika dia memang bersalah. Dilan yang mulai merasa dilema diberitahu oleh rekannya bahwa Milea bersama dengan pria lain berboncengan.

Dilan semakin tertekan dan meminta kepada temannya untuk memberi tahu Milea bahwa dia telah memiliki kekasih. Hal ini dilakukan Dilan agar Milea hidup dengan tenang.

Di sekolah, teman Dilan memberi tahu Milea bahwa Dilan telah gagal menjadi kekasih Milea dan juga memberi tahu bahwa Dilan memiliki kekasih. Milea pun menangis.

Setelah lulus sekolah, Dilan memutuskan Ke Yogyakarta untuk mengikuti SNMPTN dan dia lulus. Beberapa tahun kemudian, Ayah Dilan meninggal di rumah sakit dan Dilan menangis.

Pada saat pemakaman ayah Dilan, Milea datang terlambat ke pemakaman. Beberapa tahun kemudian di Jakarta, Dilan bertemu dengan Milea yang sedang bersama dengan kekasihnya Herdi (Andovi da Lopez).

Dilan kembali ke Bandung, dia dihubungi oleh Milea setelah sekian lama. Mereka sama-sama rindu namun kini sekarang berbeda. Dilan bertanya kepada Milea mengenai saat di masa lalu, ketika Dilan mendengar kabar Milea bahwa dia berboncengan dengan pria lain.

Milea mengatakan pria itu adalah teman lesnya. Milea juga bertanya Dilan mempunyai pacar saat itu. Dilan mengatakan yang sebenarnya. Segera Milea bertanya apakah dia akan datang di reuni SMA mereka, Dilan mengatakan dia akan datang.

Di reuni SMA, Dilan datang dan memberikan sambutan. Usai reuni, Dilan dan Milea berbicara mengenang saat-saat mereka bersama. Hari itu pun Dilan dan Milea mulai berpisah. Milea kini bersama dengan Herdi sementara Dilan pergi dengan motornya dengan kondisi yang berbeda. Dulu dia berboncengan dengan Milea namun kini tidak lagi.