Sinopsis Film Lagaan (2001) Lengkap

Diposting pada

Di kota kecil di Champaner di masa kekaisaran Inggris di India di tahun 1893 Kapten bernama Andrew Russell (Paul Blackthome) telah mengenakan pajak tinggi terhadap orang-orang desa setempat yang tidak dapat mereka bayar sebab kekeringan berkepanjangan.

Dipimpin oleh pria bernama Bhuvan (Aamir Khan) penduduk desa meminta Raja Puran (Kulbhushan Kharbanda) membantu mereka. Setelah kunjungan menemui Raja, warga pun menyaksikan pertandingan kriket.

Bhuvan mengejek permainan dan juga bertengkar dengan salah satu perwira dari Inggris. Russell lalu menantang Bhuvan untuk bertanding kriket dengan menawarkan membatalkan pajak seluruh provinsi selama tiga tahun apabila penduduk desa dapat mampu mengalahkan anak buahnya dalam permainan kriket.

Namun jika kalah mereka harus membayar tiga kali pajak normal itu. Bhuvan pun menerima tantangan tersebut tanpa persetujuan dari desa-desa. Mengetahui hal ini warga segera menjadimarah. Bhuvan berpendapat bahwa penting untuk di setiap orang melawan peraturan Inggris.

Bhuvan memutuskan mempersiapkan penduduk desa untuk pertandingan kriket. Bhuvan menemukan lima orang untuk dapat bergabung dengan tim. Bhuvan dibantu oleh saudara perempuan Russell yang bernama Elizabeth (Rachel Shelley) yang merasa Russell telah memperlakukan orang-orang desa dengan begitu buruk.

Ketika dia mengajarkan mereka aturan kriket, Elizabeth mulai jatuh hati kepada Bhuvan yang sangat mencintai wanita bernama Gauri (Gracy Singh) yang juga mencintai dirinya. Setelah Bhuvan meyakinkan Gauri, Pria bernama Lakha (Yashpal Sharma) penebang kayu menjadi marah ketika dia jatuh hati terhadap Gauri.

Lakha kemudian menawarkan diri menjadi maa-mata Russell dan juga bergabung dengan tim penduduk desa untuk dapat menghancurkan timnya. Beberapa dari mereka yang dihina oleh Inggris, bergabung bersama dengan tim.

Di hari pertama pertandingan, Russell memenangkan undian dan memilih batchman. Bhuvan kemudian membawa Kachra dalam pertandingan namun Kachra telah kehilangan kehebatannya dalam melakukan lemparan. Selain itu Lakha sengaja menjatuhkan banyak tangkapan itu.

Malam itu Elizabeth pun melihat pertemuan Lakha dengan Russell. Dia menginformasikan kepada Bhuvan mengenai penipuan Lakha. Penduduk desa berusaha untuk membunuhnya namun Bhuvan memberikan Lakha kesempatan untuk bisa menebus dirinya sendiri.

Di hari berikutnya, Lakha bermain dengan keyakinan sepenuh hati. Namun skor Inggris hampir berjalan angka hingga 300, kehilangan hanya tiga wickets ketika jedah. Berlanjutnya permainan, tim penduduk desa sanggup mengakhiri hari dengan empat batsmen yang tidak beraksi dengan hampir sepertiga dari angka yang dibutuhkan.

Di hari ketiga dan ini pertandingan terakhir, Bhuvan memberikan pukulan century sementara itu sebagian wickets gagal. Ismail mampu kembali ke Batchman dengan bantuan pelari dan juga melewati setengah century sehingga mengurangi jumlah yang dibutuhkan.

Pertandingan ini terus berlanjut, Bhuvan kembali menuju batchman dan juga memukul dengan jauh, Russell berhasil menangkapnya dengan senang percaya tim Inggris telah menang. Namun, hingga dia menyadari bahwa dia telah menangkap di luar batas permainan yang memberikan enam pukulan dan itu menjadi kemenangan untuk Bhuvan.

Bahkan saat mereka merayakan kemenangan, kekeringan pun berakhir dengan adanya hujan. Kekalahan tim Inggris menyebabkan pembubaran kanton yang dipermalukan selain itu Russell terpaksa membayar pajak seluruh provinsi dan juga dipindahkan ke Afrika Tengah, Setelah menyadari bahwa Bhuvan mencintai Gauri, Elizabeth pun kembali ke London.

Merasa patah hati, dia belum menikah selama sisa hidupnya. Di akhir cerita Bhuvan menikahi Gauri dengan kemegahan dan juga pertunjukan. Terlepas dari kemenangan yang bersejarah, namun nama Bhuvan menghilang di halaman sejarah.