Sinopsis Film Maara (2021) Lengkap

Diposting pada

Wanita bernama Paaru (Shraddha Srinath) seorang arsitek restorasi datang ke desa pantai kecil di Kerala untuk projek, sambil menghindari pernikahan di tempatnya. Paaru mendapati dongeng yang dia dengar sejak lama ketika masih kecil dilukis di desa.

Melalui bantuan temannya, Paaru menyewa rumah, penuh dengan seni dan artefak. Paaru mengetahui lukisan tersebut milik seniman Mara (Madhavan) yang bertanggung jawab terhadap lukisan di desa.

Mara berjiwa bebas dan pengelana sering pergi mengunjungi berbagai tempat. Paaru mulai membersihkan tempat tersebut, mendapati foto dan buku sketsa Maara. Sketsa ini menggambarkan Malam tahun baru sebelumnya pada saat pencui berusaha merampok Maara.

Dalam pergantian peristiwa, Maara bergabung bersama pencuri, keduanya pergi ke atap rumah dengan rencana merampok tempat tersebut. Disana mereka melihat wanita akan menembak dirinya sendiri.

Buku sketsa berakhir disana, dan juga ceritanya dibiarkan belum berakhir, yang membangkitkan rasa ingin tahu dari Paaru mengenai sisa ceritanya. Paaru mulai mendapati orang-orang dalam sketsa.

Paaru bertemu pedagang barang antik bernama Usman Bhai, Chokku dan memahami mengenai Selvi wanita yang dilecehkan secara fisik dikenal dengan Maara, Maara dan Choku membawa Selvi menuju laut untuk ulang tahunnya dimana usai malam yang meringankan kesedihannya, Selvi melakukan bunuh diri.

Maara memastikan bahwa putrinya yaitu Rani terdaftar di sekolah. Saat Paaru mendapati kabar bahwa Rani menghilang dari sekolah, dia pun melacak kembali menuju penginapan ayahnya.

Sementara, Maara yang telah kembali ke desa, melacak Rani hingga menuju penginapan dan menyelamatkannya. Paaru melihat sekilas Maara namun melewatkan pertemuan dengan dia. Suatu ketika dia bertemu pencuri yang digambarkan dalam sketsa dan juga menanyakan mengenai kejadian hari itu.

Dia memberitahunya bahwa Mara menghentikan wanita tersebut dari menembak dirinya sendiri, dan juga mengikutinya pada saat dia melarikan diri darinya. Mereka mendapati rumah tersebut dan mengidentifikasi wanita tersebut sebagai dokter Kani.

Paaru melacaknya menuju desa pegunungan dan juga menanyakan kisahnya. Kani menjelaskan pada saat dia melakukan operasi independen pertamanya sebagai seorang dokter anak, kesalahan operasi mengkaibatkan kematian gadis berusia 10 tahun.

Difitnah oleh media, dia pun putus asa dan ingin bunuh diri di malam tahun baru, saat dia secara kebetulan dihentikan Maara. Maara selanjutnya membawa dia menuju desa gunung, dikelola Vellaiya ayah angkatnya dan juga dia telah tinggal disana.

Vellaiya merupakan pensiunan postmaster dan seorang yang romantis yang putus asa, telah mencari cinta remajanya bernama Meenaksshi selama hampir 50 tahun.

Velaiya terus menerus menceritakan kisah memerankan drama untuk menyampaikan cintanya terhadap Meenakshi, dan pada akhirnya kehilangan dia pada saat badai membanjiri desa asalnya.

Vellaiya menunjukkan foto Meenakshi pada Paaru, dia memperhatikannya bahwa dia mempunyai liontin keong sama dengan bibinya yaitu Mary yang merupakan seorang perawat di sebuah biara.

Dia pun membawa Bibi Mary menuju desa di hari ulang tahun Vellaiya, menyadari bahwa plot dramanya merupakan dongeng yang didengarnya sebagai anak dari Bibi Mari, sebuah kisah mengenai seorang tentara abadi yang menghabiskan waktunya bertahun-tahun mencari ikan mistis kesayangannya.

Seorang Maara yang emosinal, yang menghabiskan seluruh kehidupan dewasanya berpergian dari satu tempat menuju tempat lain untuk mencari Meenakshi, berterima kasih terhadap Paaru sebab telah memenuhi keinginan Velliya.

Paaru yang mengejar cerita demi cerita di dalam usaha menemukan Maara, papda akhriny bertemu dengannya secara langsung. Mereka memperkenalkan diri dan juga berpegangan tangan ketika menyaksikan matahari terbenam.