Sinopsis Film Sunyi (2019)

Diposting pada

Film Sunyi merupakan film yang diadaptasi dari film Korea berjudul “Whispering Corridor” Diawali di tahun 1990 di SMA unggulan Abdi Bangsa, arwah siswi remaja membunuh ketiga siswi.

10 tahun kemudian di tahun 2000, SMA Abdi Bangsa telah menghasilkan para alumni yang telah sukses di Indonesia. Alex (Angga Yunanda) siswa baru yang masuk di SMA Abdi bangsa menganggap masuk di sekolah ini menjadi bencana.

Ini disebabkan budaya senioritas dan tindakan kekerasan bahkan hingga bullying. Dimana Anak kelas 1 dianggap sebagai budak, kelas 2 sebagai manusia dan kelas tiga sebagai Raja, sementara senior mereka dianggap dewan.

Alex merupakan anak dari almarhum Pierre Pranoto yang merupakan paranormal. Ibu Alex berusaha untuk menenangkan Alex untuk berpikir positif mengenai tindak senioritas tersebut agar mendidik siswa baru disiplin dan patuh.

Di sekolah, Alex bertemu dengan siswi bernama Maggie (Amanda Rawles) dimana mereka berbeda kelas. Bagi siswa-siswi baru harus mematuhi peraturan yang diterapkan senior mereka yaitu dimana siswa baru dilarang menggunakan toilet siswa, dilarang mengunjungi kantin dan bahkan perpustakaan serta harus hormat terhadap siswa seniornya.

Suatu ketika senior Alex bernama Fahri (Teuku Ryzki) mengetahui Alex adalah anak paranormal. Alex dipaksa melakukan ritual pemanggilan orh di aula basket dengan dua senior lainnya yaitu Erika (Naomi Paulinda) dan Andre.

Ketiga senior ini percaya sosok hantu penunggu sekolah yaitu Cindy Sadis masih berada sekolah. Cindy menjadi mitos di sekolah mereka dan dia diduga telah membunuh ketiga “junior” mereka Laras, Filla dan Esther.

Ritual pemanggilan roh dilakukan Alex segera mereka mulai dihantui para penunggu sekolah. Fahri melihat sosok Erika dan dia terus mengikutinya hingga menuju atap sekolah.

Namun saat Fahri melihat ke bawah Erika ternyata ada dibawah. Fahri mulai menyadari selama ini yang dia ikuti adalah hantu Cindy. Fahri akhirnya terjun dari atap sekolah dan dia pun tewas.

Usai kematian Fahri ini membuat Erika dan Andre sedih dan menyalahkan Andre. Suatu malam saat latihan renang, Erika sendiri di kolam renang setelah teman-teman mereka meninggalkannya karena Erika masih ingin berlatih.

Pada saat dia berada di papan loncat indah, dia mencoba untuk latihan. Ketika melompat, dia dikejutkan oleh sosok hantu sehingga dia kehilangan kendali dan tewas di kolam renang. Andre semakin kesal pada Alex dan meyakini ini semua karena Alex.

Alex yang terus dihantui oleh ketiga sosok makhluk misterius, meminta bantuan Maggie untuk mencari tahu fakta mengenai ketiganya untuk menghentikan teror ini.

Malam hari, Alex dan Maggie mencari informasi mengenai ketiganya. Sementara Andre bersiap ingin membunuh Alex. Alex dan Maggie mendapati buku alumni, ternyata arwah Laras, Filla dan Esther yang menghantuinya ternyata berada di kelas 2 bukan di kelas 1.

Saat Alex melihat alumni kelas 1 ternyata Cindy adalah Maggie. Ini membuat Alex terkejut dan Cindy menghilang. Alex baru menyadari Maggie adalah hantu. Dia yang telah membunuh Fahri dan Erika.

Maggie bersiap untuk membunuh Andre namun berusaha dihentikan oleh Alex. Alex berusaha menyelamatkan Andre mengatakan bahwa membunuh bukan jalan yang tepat.

Alex berjanji akan menghancurkan sistem senioritas di sekolah. Maggie mengatakan dia merasa tidak suka teman satu-satunya yaitu Alex dibully. Selam ini dia tidak memiliki teman dan hanya Alex temannya.

Flash back 1990, Maggie/Cinddy sebagai siswi baru terus mendapatkan intimidasi dari Laras, Filla dan Esther. Maggie/Cindy yang memiliki penyakit asma selalu menggunakan inhaler untuk membantu pernapasannya.

Disaat itu inhaler miliknya diambil dan membuatnya tewas. Sejak itu Cindy/Maggie melakukan balas dendam membunuh ketiganya. Waktu sekarang, Maggie pun akhirnya berhenti membuat teror.

Alex membawa Andre keluar dari ruangan dengan selamat. 1 tahun kemudian, 2001 kini Alex menjadi senior dan mulai menghapus senioritas di sekolahnya.