Sinopsis Film Vivarium (2019) Lengkap

Diposting pada

Pasangan muda Gemma dan Tom ingin membeli rumah, dimana mereka mengunjungi agent real estate aneh, Martin yang memberi tahu mereka mengenai perkembangan baru disebut Yonder. Tom (Jesse Eisenberg) dan Gemma (Imogen Poots) menuju pengembangan bersama Martin di mana rumah-rumah disana rumah pinggiran kota yang identik.

Tempat kosong, sunyi dan dunia lain. Martin menunjukkan pasangan tersebut di sekitar rumah #9 dan selanjutnya menghilang. Pasangan ini berupaya meninggalkan Yonder namun tersesat, setiap rute mengembalikannya menuju #9.

Esok hari Tom naik ke atap melihat apakah dia dapat menemukan jalan keluar dari Yonder. Dia melihat rumah-rumah di Yonder tampaknya membentang tiada batas. Pasangan ini memutuskan mengikuti matahari yang tampak buatan, berharap matahari akan membawa mereka untuk keluar apabila mereka tetap berada di jalur.

Pasangan tersebut bagaimanapun, masih dibawa kembali menuju #9. Mereka mendapati kotak pengiriman berisi makanan kemasan dan juga kebutuhan lainnya. Tom marah membakar #9, berharap mendapati perhatian.

Pasangan ini jatuh dalam tidur yang aneh dan terbangun di luar #9 dibangun kembali untuk mendapati bayi mungil dengan instruksi “Angkat anak tersebut dan bebaskan”. 3 bulan telah berlalu, dan juga bayinya dengan cepat tumbuh menjadi seukuran anak lelaki berusia 7 tahun dengan suara seperti orang dewasa yang meniru suara Gemma dan Tom.

Tinggal dengan bocah tersebut dan penahanan mereka berdampak terhadap psikologis pasangan ini. Tom menemukan tanah Yonder terbuat dari zat tampaknya buatan. Dia menggali lubang membuatnya merasa seolah dia mempunyai tujuan, namun lubang tersebut semakin dalam.

Saat dia mendengar saura di dasar lubang, dia terus menggalinya. Kesehatan mental Tom mulai turun dan berusaha menyakiti bocah tersebut dengan mengunci bocah itu dalam mobil hingga kelaparan, namun Gemma mengintervensi. Gemma berusaha memahami kesulitan mereka berinteraksi dengan bocah ini.

Suatu ketika anak ini menghilang, hanya untuk muncul kembali dengan buku tes dalam bahasa tidak dikenal. Gemma bertanya kepada bocah ini yang memberikan buku tersebut kepadanya, dia menunjukkan padanya dengan menggembungkan kantung tenggorokannya dan juga membuat suara asing.

Usai lebih banyak waktu berlalu, Pasangan ini, semakin lemah. Anak lelaki tumbuh menjadi dewasa dan Gemma maupun Tom bersatu kembali sebab ketakutan mereka padanya. Anak ini meninggalkan rumah setiap hari, Gemma dan Tom tidak tahu kemana dia pergi.

Ketika menggali, Tom mendapati mayat layu di dalam kantong mayat. Gemma memohon pada bocah ini untuk membantu, dan dia memberi mereka tas mayat. Tom meninggal dan juga terlempar menuju dalam lubang.

Gemma pendendam berusaha membunuh bocah tersebut, namun dia hanya berhasil melukainya sebelum dia kabur menuju koridor di bawah tanah yang aneh. Gemma mengikuti dan jatuh melalui rumah paralel dimana tempat pasangan muda lainnya menjalani kehidupan dengan keputuasaan sama. Gemma kemudian kembali ke #9.

Usai tindakan terakhir pembangkangan, Gemma pun menyerah. Anak lelaki itu menguburnya hidup-hidup dalam lubang bersama Tom dan meningalkan Yonder. Dia selanjutnya menjadi agent real estate, menggantikan Martin, yang telah menyelesaikan siklus hidup.

Martin baru menggulung tubuh pendahulunya dan juga memasukkannya menuju dalam lemari arsip sebelum mengambil posisi barunya. Pasangan baru masuk menuju kantor dan Martin bangkit menyambut mereka.