Sinopsis Film Tenet (2020) Lengkap

Diposting pada

Cerita ini dimulai dengan Protagonis yang membantu operation CIA untuk menggagalkan pengepungan Opera di Kiev. Selama operation ini, Protagonis diselamatkan pria bersenjata bertopeng yang mempunyai tali merah di punggungnya.

Operation ini untuk mengambil beberapa plutonium namun ternyata palsu. Protagonis diculik dan diancam akan disiksa untuk dapat mengungkapkan informasi. Namun dia sanggup menggigit pil bunuh diri sebelum dia mengungkapkan informasi.

Saat bangun, Protagonis mengetahui bahwa pli ini hanyalah untuk ujian kesetiannya. Dia selanjutnya direkrut dalam sebuah organisasi rahasia, dengan hanya diberi informasi bahwa kata “tenet” dan gerakan menyilang akan “membuka banyak pintu” untuk dia.

Protagonis menyusup menuju fasilitas dimana dia memahami bahwa di masa depan sebuah teknologi telah dikembangkan yang memungkinkan objek untuk dibalik entropinya dan juga bergerak mundur melalui waktu.

Protagonis diperlihatkan peluru yang kembali menuju senjata tempat ditembakkannya. Melacak logam dari mana peluru tersebut terbalik dibuat, Protagonis menyusup menuju kompleks miliarder India melalui bantuan Neil. Dia mengetahui istri miliarder Priya yang tahu apa yang terjadi.

Priya memberi tahu kepada Protagonis bahwa teknologi pembalik waktu berada di bawah kendali pedagang senjata Andrei Sator yang berkomunikasi dengan agent yang tidak dikenal di masa depan. Untuk sampai menuju Sator, protagonis mendekati istri Sator yang terasing yaitu Kat.

Kat memberi tahu Protagonis bahwa Sato mengendalikannya, sebab lukisan palsu yang dia berikan terhadap Sator. Protagonis berusaha mendapati kepercayaan dari Kat dengan mengambil lukisan tersebut dari fasilitas penyimpanan di dalam “freeport” di bandara Oslo.

Misi ini melibatkan dengan menabrakkan pesawat kargo menuju dalam gedung untuk menyalakan api dan dengan demikian akan memicu sistem pencegah kebakaran. Selama operation ini. Protagonis dan Neil diserang 2 pria bertopeng, salah satunya memanfaatkan senjata pembalik waktu.

Penyerang ini bisa kabur sebelum Protagonis bisa mengetahui siapa dia. Protagonis kembali menuju Kat, meminta bantuannya untuk dapat menemui suaminya Sator. Kat mengatur supaya Protagonis datang menuju pesta makan malam yagn dipandu suaminya.

Namun Sato mempercayai sang Protagonis. Protagonis bisa menawar untuk hidupnya dengan menawarkan mencuri plutonium kelas senjata untuk Sator, Operation mencuri Plutonium dari mobil lapis baja berhasil, namun terganggu kendaraan yang waktunya mundur.

Akhirnya terungkap Sato dan gengnya menjalankan “gerakan penjepit temporal” dimana mereka berpartisipasi baik maju ataupun mundur dalam waktu, dengan cara memasuki “stile temporal” usai operation dan selanjutnya bergerak mundur melalui waktu.

Di persimpangan temporal, Sator menembak kat di perut dan pergi bersama dengannya sebelum dinas rahasia tiba untuk dapat mengamankan stile temporal. Sang Protagonis selanjutnya dapat mengikuti Sator kembali melalui stile temporal, dimana dia ternyata merupakan driver mobil pembalik waktu.

Protagonis sanggup menyelamatkan kat, namun tidak dapat mencegah Sato untuk mendapatkan plutonium. Terungkap Sator berencana memanfaatkan plutonium untuk memicu perangkat yang akan membalikkan entropi menuju seluruh planet, membunuh semua orang.

Sator sekarat sebab kanker pankreas yang tidak bisa dioperasi dan jika dia ingin mati, dia pun juga tidak ingin orang lain hidup. Sator berencana kembali ke masa lalu pada saat dia bahagia bersama istrinya dan selanjutnya mematikan perangkat yang terhubung menuju sakelar orang mati yang terkait terhadap detak jantungnya.

Protagonis, Neil dan juga Kat mengikuti Sator mundur dalam waktu, berpergian dengan kontainer dari kapal kargo kembali menuju Oslo.

Mereka menyusup menuju fasilitas penyimpanan seni freeport sekali lagi, dimana mereka memasuki stile temporal lain yang memungkinkan bagi Kat untuk bergerak maju melalui waktu lagi dan juga luka tembaknya sembuh, dan dimana juga terungkap Protagonis sebenarnya merupakan penyerang bertopeng selama operation pertama mereka di lokasi ini.

Jauh di masa lalu, Operation Militer selanjutnya diluncurkan dimana Protagonis dan Neil berupaya mengambil perangkat the doomsday dari kota era Soviet yang telah ditinggalkan, sementara itu Kat bersama dengan suaminya di kapal pesiarnya, yang bertujuan mencegahanya bunuh diri sebelum doomsday.

Perangkat diambil, Kat membunuh Sator, namun Protagonis dan Neil sanggup mengambil perangkat doomsday tepat pada waktunya.

Selama operation ini, Protagonis memperhatikan bahwa Neil mempunyai tali merah di punggungnya dan oleh karena itu dia merupakan pria bertopeng yang menyelamatkannya di awal film. Protagonis selanjutnya melakukan perjalanan lebih jauh menuju masa lalu membantu melindungi Kat supaya tidak dibunuh Priya.